Jumat, 26 April 2013

UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) ( Astri Damayanti / 11111084 )

UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)

A.     Pendahuluan

UML (Unified Modeling Language) adalah metode pemodelan (tools / model) secara visual sebagai sarana untuk merancang dan atau membuat software berorientasi objek dan memberikan standar penulisan sebuah sistem untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan beberapa informasi untuk proses implementasi pengembangan software.

Karena berorientasi objek maka semua elemen dan diagram berbasiskan pada paradigma object oriented, oleh karena itu UML dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object  oriented database.

B.  Konsep Dasar UML
Untuk dapat mememahami UML diperlukan pemahaman tentang konsep bahasa pemodelan dan tiga      eleman utama UML.Tiga elemen utama UML antara lain:

Buiding Bloks 
Building bloks ini terdapat beberapa bagian
1.     Benda / Things / Objek
    Objek merupakan bagian paling statik dari sebuah model, yang menjelaskan elemen – elemen lainnya dari sebuah konsep Bentuk dari beberapa objek:
  Classes, sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, dan hubungan yang semantik Interfaces, antar-muka yang menghubungkan dan melayani antarkelas dan atau elemen dan mendefinisikan sebuah kelompok dari spesifikasi pengoperasian
    Collaboration, interaksi dari sebuah kumpulan kelas – kelas atau  elemen – elemen yang bekerja secara bersama – sama.
    Use cases, pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah model serta di realisasikan oleh sebuah coll aborati on.
      Nodes, bentuk fisik dari elemen – elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system

2.     Hubungan / Relationship
Ada 4 macam hubungan dalam penggunaan UML, yaitu;
    Dependency, hubungan semantik antara dua objek yang mana sebuah objek berubah mengakibatkan objek satunya akan berubah pula.
    Association, hubungan antar benda secara struktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek.
    Generalizations, hubungan khusus dalam objek anak yang menggantikan objek induk . dan memberikan pengaruhnya dalam hal struktur dan tingkah lakunya kepada objek induk
    Realizations, hubungan semantik antarpengelompokkan yangmenjamin adanya ikatan diantaranya yang diwujudkan diantara interface dan kelas atau elements, serta antara use casesdan collaborations.


3.    Bagan atau Diagrams
Diagram adalah yang menggambarkan permasalahan maupun solusi dari permasalahan suatu model. UML mempunyai 9 diagram, yaitu;
    Diagram Use Case, menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar. Diagram Use Case berguna dalam tiga hal :
    a)      Menjelaskan fasilitas yang ada (requirements)
    b)      Komunikas dengan klien
    c)      Membuat test dari kasus – kasus secara umum

    Diagram Class, memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas – kelasnya dan hubungan mereka. Diagram Class mempunyai 3 macam relationalships (hubungan),sebagai berikut :

     Association, suatu hubungan antara bagian dari dua kelas yang terjadi jika salah satu bagian dari kelas mengetahui kelas yang lain dalam melakukan suatu kegiatan..

     Aggregation, hubungan association dimana salah satu kelasnya merupakan bagian dari suatu kumpulan dan memiliki titik pusat yang mencakup keseluruhan bagian.
    
     Generalization, hubungan turunan dengan mengasumsikan satu kelas merupakan suatu kelas super dari kelas yang lain.
    
      Diagram Package dan Object, merupakan kumpulan elemen – elemen logika UML yang bertujuan untuk mengelompokkan Diagram class yang lebih kompleks.
    
    Diagram Sequence, merupakan salah satu diagram Intera ction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu.
     
   Diagram Collaboration juga merupakan diagramInteraction berfungsi membawa informasi yang sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pada kegiatan obyek dari waktu informasi itu dikirimkan.
    
    Diagram State Chart merupakan indikator yang menunjukan kemungkinan dari keadaan obyek dan proses yang menyebabkan perubahan pada keadaannya.
    
  Diagram Activity, menunjukkan bagaimana aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu sama lain. dan berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal.
    
 Diagram Component adalah sebuah kode – kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari diagramClass.
    
   Diagram Deployment menerangkan bahwa konfigurasi fisiksoftware dan hardware.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar